Minggu, 11 Oktober 2015


 Rp.78.000-
 Rp. 66.300,-


Bid'ah adalah salah satu istilah dalam syariat Islam yang disikapi oleh sebagian kelompok sebagai sesuatu yang seakan akan "qathi'yu-dilalah" padahal ia adalah "zhanniyu-dilalah". Cara ini menimbulkan kekacauan pemahaman yang ada di masyarakat, kmudian masyarakat menjadi resah dan pada akhirnya menimbulkan perpecahan dalam tubuh umat Islam. Saling membenci, saling mencaci, saling mencurigai, bahkan sampai tidak saling menyapa.

Masalah bid'ah adalah masalah yang diperselisihkan oleh ulama, baik dari definisi maupun dari sisi penilaian kebid'ahan hal hal baru yang dibuat. Bahkan sebagian besar masalah bid'ah adalah masalah ijtihadiyah; hukumnya berputar antara al-khata' (tidak tepat) dan ash-shawab (tepat). Bukan antara al haq (benar) dan adh-dhalal (sesat). Perbedaan ini merupakan perbedaan yang ditolelir dan bisa disatukan dalam toleransi.

Buku ini akan menjelaskan makna bid'ah secara obyektif, jujur dan amanah serta ilmiah yang akan membuka mata bahwa bid'ah yang selama ini didengar dan dipersoalkan hanyalah satu dari tiga konsep bid'ah yang ada dalam Islam.

Penulis juga memaparkan 36 masalah yang diperselisihkan ulama di kalangan para sahabat, tabi'in dan para imam mahdzab di masa salafusshalih. Sebagian pendapat menilai masalah tersebut bid'ah dan pendapat lain menilainnya boleh; mustahab (diajurkan); atau disyariatkan.

0 komentar:

Posting Komentar