Rabu, 20 Mei 2015

Rp 42.000
Rp 35.700

Anak Bakumpai Terakhir

Sebuah NOVEL




Detail
Judul : Anak Bakumpai Terakhir
Penulis          : Yuni Nurmalia
Penerbit : Pustaka Al-Kautsar
Isi : 264 Halaman
ISBN : 978-602-98545-27
Ukuran : 14.5 x 21 cm

Sinopsis





Dikisahkan Aruna, seorang anak perempuan suku Dayak Bakumpai di pedalaman Kalimantan. Bumi Kalimantan yang ia kenal sejak kecil sebagai surga petualangannya berubah menjadi sarang bencana. Hutan yang lebat, dengan segala keindahannya, harus termutilasi oleh penebangan liar. Seribu anak sungai di sekeliling Aruna terkontaminasi limbah beracun. Beribu-ribu galon limbah memadati air sungai, hutan dan laut setiap tahunnya. Ekosistem rusak, satwa liar perlahan-lahan menyusut, ekosistem laut pun terganggu. Para nelayan tak lagi punya mata pencarian.

Eliyana, seorang peneliti, datang ke tanah Bakumpai dan menemukan bahwa racun yang disebabkan oleh limbah pertambangan dan tailing yang dibuang ke sungai dan laut secara gila-gilaan telah membuat tubuh anak suku Bakumpai terjejali racun logam berat.

Berbagai racun itu pun mengontaminasi darah warga suku Bakumpai. Mereka tak bisa lagi menghasilkan keturunan yang berdarah murni Bakumpai. Berdasarkan wasiat Kai, kakek Kai, kakek Aruna, harapan Aruna satu-satunya adalah avara. Avaralah lelaki yang masih mempunyai darah keturunan murni suku Bakumpai. Akankah Aruna berhasil menyelamatkan eksistensi suku Bakumpai? Telusuri kisahnya yang mengangkat kearifan lokal dengan alur yang menarik. Diwarnai konflik, intrik, kesedihan dengan ragam hikmah di dalamnya

0 komentar:

Posting Komentar